• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • RSS Feed

Monday 9 June 2014

5 Secrets to Raising Smart Baby

No comments:
 



Semenjak menjadi orangtua, saya ingin memberikan yang terbaik untuk anak sehingga menjadi anak yang cerdas. Ada beberapa cara yang mudah dan menyenangkan untuk mendidik anak menjadi cerdas. 


Bonding dengan Bayi anda


Otak bayi berkembang ketika bayi merasa aman, apabila otak merasa tidak aman, maka tidak bisa berkembang dengan baik, kata Tracy Cutcthlow, editor buku 'Brain Rules For Baby'. Oleh sebab itu sangat penting untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk bayi anda.
.
Kontak kulit skin-to-skin membantu membangun rasa aman, misalnya dengan mencium wajah bayi, pijat bayi, berbicara dan menyusui. 

Biasanya orangtua baru merasa sulit membangun rasa aman kepada bayinya dikarenakan kurang tidur, terisolasi dari kehidupan sosial, dan tugas baru yang tidak sama seperti sebelumnya. Akan tetapi hubungan yang baik dengan pasangan adalah jalan terbaik untuk membuat bayi merasa aman.

Ketika orangtua bertengkar di depan bayi, maka orangtua harus mengembalikan rasa aman kepada bayi misalnya dengan berkata " jangan khawatir sayang, ayah mama baik-baik saja,". Bayi tidak memahami kata-kata, tapi mereka dipengaruhi oleh emosi antara Anda dan pasangan. So, usahakan jangan bertengkar di depan anak ya...

Ceritakan Hari mu bunda.

Para Ahli menyarankan untuk banyak berbicara kepada bayi. Semakin banyak mendengar pola bahasa, pembelajaran bahasa menjadi lebih mudah untuk bayi. Tracy Cutchlow, editor buku 'Brain Rules For Baby" menyarankan untuk menceritakan apa yang ada dipikiran kita setiap hari secara terus menerus sehingga anda akan mengalirkan informasi yang dapat meningkatkan kemampuan otak bayi Anda.

Pada usia 3 tahun, anak-anak berbicara dengan lebih sering memiliki IQ yang 1,5 kali lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak. Pada saat mereka berada di sekolah dasar, mereka memiliki bacaan yang lebih kuat, ejaan, dan keterampilan menulis, kata Cutchlow
Bagaimana cara anda mengajarkan kemampuan bahasa pada anak? Ada tiga kunci: jumlah kata, variasi dan kompleksitas kata-kata, dan cara Anda mengatakannya.
Dengan menceritakan hari Anda, Anda secara alami akan menggunakan segala macam kata-kata. Dan dengan menggunakan deskripsi seperti "mobil merah" dan "kopi sangat kuat," Anda akan membumbui kosakata Anda mengekspos bayi Anda juga. 
Nada suara Anda juga penting. Kau tahu, suara nyanyian Pok Ame-ame - nada tinggi, vokal berlebihan (berpikir: '! Helloooooo, Baaaa-byyy') ini merupakan cara yang sangat baik untuk membantu otak bayi belajar bahasa karena setiap vokal terdengar lebih jelas. Nada membantu bayi suara yang terpisah ke dalam kategori dan nada tinggi lebih mudah bagi mereka untuk meniru.
Ahli memperingatkan bahwa orang tua cenderung berbicara kurang jika bayi mereka belum mulai mengoceh lagi. Tapi jangan biarkan keheningan si kecil Anda menghentikan Anda - menjadi cerewet demi bayi Anda. "Kami tahu fakta itu membuat belajar bahasa lebih mudah."
Oke,, siap-siap berbusa ya bund, mulutnya... hehhehe....

Sering Bertatap Muka (Face Time)

Bermain mata bersama bayi Anda selama berjam-jam? Lakukan itu - dan Anda meningkatkan perkembangan otak bayi Anda. Penelitian menunjukkan bahwa bayi mulai mengenali ekspresi wajah orang tua mereka dengan 3 atau 4 bulan usia, dan mereka tidak berhenti di situ. Sekitar 5 bulan, bayi bisa memahami emosi pada wajah orang asing - dan oleh berusia 7 sampai 9 bulan mereka bisa membaca wajah anjing dan monyet juga.

Emosi adalah salah satu cara pertama bayi berkomunikasi dengan kita, kata Ross Flom, profesor psikologi dan ilmu saraf di Universitas Brigham Young di Provo, Utah. Dan mampu membaca ekspresi wajah merupakan hal terpenting dalam keterampilan yang kuat nonverbal komunikasi, pengaturan bayi Anda untuk kerja sama tim yang lebih baik, lebih sedikit perkelahian, dan hubungan jangka panjang yang lebih kuat sebagai orang dewasa.

Meskipun anda punya banyak waktu untuk face time, selalu kenali tanda-tanda bayi terlalu banyak dirangsang. "Otak membutuhkan istirahat, "katanya. Carilah tanda-tanda, seperti bayi Anda memalingkan muka." Jika mereka melepaskan diri, jangan mencoba untuk memaksa itu. "Sebaliknya, berikan bayi Anda beberapa menit untuk memproses apa yang dia pelajari.

Biarkan Bayi Bergerak Bebas

Saat ini  banyak anak yang menghabiskan waktunya di stroller dan car seats. Adapula anak yang menghabiskan waktu berjam-jam di car seat, meskipun mereka tidak  berada didalam mobil. Ahli mengatakan untuk membatasi waktu bayi untuk duduk dicar seat atau benda lain yang mengganggu gerakan mereka.

Mengapa? Karena bayi harus mampu merespon secara bebas untuk rangsangan di sekitar mereka. Untuk melakukan itu, mereka harus mampu bergerak bebas, dan untuk melihat ke depan, ke samping, dan di belakang mereka. Mereka harus mengikuti sinyal dari mata dan telinga mereka, dan mengikuti sinyal yang diberikan.

Ini adalah tahap pertama dari pengembangan sistem perhatian anak Anda, yang "terbentuk  sangat awal," kata Stamm. Ini membangun kemampuan bayi untuk berkonsentrasi dan fokus

Point your finger

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak belajar bahasa lebih cepat jika Anda menunjuk ke sebuah objek/ benda sambil berkata-kata. 

Pada awalnya, bayi Anda akan melihat Anda ketika Anda menunjuk. Saat ia mendapat sedikit lebih tua, ia mungkin melihat jari telunjuk Anda. Dengan sekitar 9 bulan, sebagian besar bayi mulai mengikuti jari telunjuk Anda dan perhatikan apa yang Anda tunjukkan padanya,  kata BYU psikologi profesor Ross Flom.

Pada sekitar 9 atau 10 bulan, bayi akan mulai membawa benda-benda untuk ditunjukkan kepada Anda. Hal Interaksi bersama ini disebut "joint attention." Ini berarti anak Anda mengembangkan kemampuan untuk berhubungan dengan Anda tentang sesuatu (dan seseorang) di luar Anda berdua.

Apa yang dapat dilakukan orang tua untuk membangun keterampilan ini? Terus menunjukkan hal-hal dan berbicara tentang mereka. Bayi Anda mungkin tidak memahami kata-kata yang Anda katakan, tetapi komunikasi Anda dengan dia secara bertahap akan menjadi lebih kompleks.

Anda dapat menuju ke kebun binatang, misalnya, di mana Anda berdua bisa memberikan perhatian Anda ke hewan seperti beruang kutub. "Tunjuk hewannya kemudian, membicarakannya, menggambarkannya," kata Flom, untuk mempromosikan pembangunan sosial, kognitif, dan bahasa.


No comments:

Post a Comment

 
© 2012. Design by Main-Blogger - Blogger Template and Blogging Stuff