• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • RSS Feed

Thursday 19 June 2014

Hypnobirthing dan Hypnoparenting

No comments:
 
Hypnobirthing

Semenjak hamil, saya sudah mengenal hypnobirthing dari baca buku dan internet. Hypnobirthing merupakan teknik yang digunakan untuk mensugesti tubuh wanita, relaksasi alami dengan cara mengucapkan affirmasi-affirmasi positif dengan harapan dapat melahirkan dengan normal dan lancar. Sebenarnya inti dari teknik ini adalah, kita diarahkan untuk percaya pada kekuatan tubuh, bahwa wanita diciptakan dengan sempurna oleh Allah Swt untuk bisa melahirkan melalui jalurnya dengan rasa sakit  yang normal pula.

Berbekal ilmu tersebut, saya mencoba mempraktekkan ketika memasuki kehamilan usia 2 bulan. Saya mulai mengucapkan affrimasi-affirmasi positif setiap menjelang tidur dan selalu berpikir bahwa "Saya bisa melahirkan normal dan tenang (baca: tidak sakit)". Cara ini bisa dibilang "BERHASIL " ketika saya melahirkan Khyalila. Kronologis kelahiran Khaylila bisa dibaca disini. Ternyata melahiran gak begitu sakit, sakitnya pas dijahit boo... ampuuun deh yg urusan jahit2an....

Efek dari hypnobirthing adalah membuat bayi tenang dan memiliki jam tidur yang teratur. Alhamdullah Khay sampai umur 4 bulan nggak pernah rewel kecuali abis imunisasi DPT. Dan memiliki jadwal tidur yang teratur, jadi saya juga tidak merasa terlalu kecapekan mengurus Khayla. 

Hypnoparenting

Merupakan metode dan teknik komunikasi dalam proses mengasuh. mendidik serta membesarkan anak sebagai implementasi dari peran serta tanggungjawab orangtua dengan penekanan pada komunikasi pikiran bawah sadar. Teknik ini dilakukan dengan cara menanamkan affirmasi positif sesuai kebutuhan anak, langsung ke alam bawah sadar anak sesuai segusti tersebut.
Saya mencoba memberikan sugesti kepada Khayla,  biasanya sambil menyusui, Khayla udah hampir tidur tapi belum pulas ( kondisi Tetha) jadi dia udah merem tapi udah nggak bisa ngrespon. Affirmasi yang saya katakan " Khayla jadi anak pinter ya, anak sholehah, yang nurut sama Ayah sama Mama".
selain itu saya juga sering bilang " Khayla kalo udah ngantuk langsung bobok sendiri ya dikasur". sampe sekarang masih sering saya mengucapkan itu. Alhasil, Khayla sering tidur sendiri dikasur, padahal usia baru 4 bulan.. ahiii berhasill,,, :)








No comments:

Post a Comment

 
© 2012. Design by Main-Blogger - Blogger Template and Blogging Stuff